Uji Coba US PAI

  

Uji Coba Ujian Sekolah

Tahun Pelajaran 2021/2022

I. Berilah tanda silang (X) pada jawaban A, B, C atau D di depan jawaban yang tepat

Mata Pelajaran

Kelas : PAI

: VI (enam ) Nomor

Nama : …………………………

: …………………………

Waktu : 90 Menit Hari/Tanggal : …………………………


Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1−3!

    Bunglon, Binatang yang Bisa Berubah Warna. Bunglon adalah salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik karena dapat mengubah warna kulitnya.

Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini digunakan untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa. Bunglon memiliki kulit yang berlapis-lapis.

   Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.

   Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini karena bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan saat gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang seperti kuning dan oranye.

1. Bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?

A. Dengan menyesuaikan warna di tempatnya berada.

B. Dengan melebar atau mengecilkan pigmen di kulitnya.

C. Dengan cara yang disebut mimikri.

D. Dengan memantulkan sinar matahari.

2. . Berikut ini adalah tabel perubahan warna bunglon.

No. Alasan                                              Perubahan Warna

1. Melindungi diri Sesuai lingkungan

2. Perasaan negatif                                (a) ....

3. Perasaan positif                                (b) ....

Isian yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut adalah ....

A. (a) warna gelap;  (b) warna terang                       C. (a) warna terang; (b) warna gelap

B. (a) warna hitam;  (b) warna kuning                      D. (a) warna hijau;   (b) warna cokelat

3. Pada hari Minggu diadakan kerja bakti.

Siswa kelas VI dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama membersihkan kelas,

sedangkan kelompok kedua membersihkan halaman.

Persamaan kata bergaris bawah dalam kalimat tersebut adalah ....

A. kumpulan B. regu C. gugus D. tim

4. Perhatikan dua teks berikut!

Teks 1

Endah selalu saja memaki Hera.

Padahal Hera tidak pernah berbuat buruk pada Endah. Entah mengapa Endah begitu membenci Hera. Hera selalu tabah jika Endah tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Endah terjatuh ketika pulang sekolah. Hera yang melihat kejadian itu langsung menolongnya.

Teks 2

Sofy adalah anak yang sangat baik di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tidak pernah membeda-bedakan. Ia berteman dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang paling pandai di kelas, Sofy sangat disukai oleh teman-temannya. Bahkan, guru-guru juga menyukainya.

5. Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ....

A. menolong orang walaupun ia suka mengejek

B. disukai banyak orang karena suka menolong

C. berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan

D. menolong siapa saja yang sedang membutuhkan

6. bacalah paragraf berikut!

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengadakan sosialisasi ke sekolah. Beliau mengatakan, sekolah harus mengedukasi siswanya agar tidak jajan sembarangan dan membuat kantin sehat di sekolah.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang tepat adalah ....

A. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta seharusnya melakukan tindakan yang tegas pada yang melanggar.

B. Siswa yang jajan sembarangan seharusnya mendapatkan hukuman dari sekolah.

C. Program kebijakan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta dapat menjadikan siswa lebih sehat.

D. Pembuatan kantin sehat di sekolah sebenarnya sangat merepotkan.

7. Cermati paragraf berikut!

Besok pagi ada pelajaran menggambar. Bu Intan memberikan instruksi untuk membawa buku gambar berukuran A3, pensil HB, dan pewarna.

Makna kata bergaris bawah dalam paragraf tersebut adalah ....

A. perintah B. pelajaran C. petunjuk D. peraturan

8. Perhatikan teks berikut!

Mengolah kerang memerlukan beberapa langkah. Setelah butir mutiara diambil dari dalam kerang, daging yang melekat pada bagian dalam cangkang dibuang, kemudian kerang dicuci, dan dikeringkan. Perajin juga ikut membuat pola model hiasan yang diinginkan. Pola ini ber fungsi sebagai cetakan untuk menggambar sketsa pada cangkang kerang.

Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah ....

A. Mengolah kerang hanya membutuhkan dua langkah saja.

B. Daging dalam cangkang tidak perlu dibuang untuk menghasilkan kerajinan.

C. Pembeli bisa ikut menentukan pola model hiasan yang diinginkan.

D. Untuk menggambar sketsa pada cangkang diperlukan pola sebagai cetakan.

9. Cermati pidato berikut!

Ingatlah ketika kita masih kelas 1 dahulu. Waktu itu kita tidak bisa membaca, tetapi sekarang telah bisa membaca. Dahulu kita tidak bisa menulis, tetapi sekarang telah bisa menulis. Dahulu kita tidak bisa menghitung, tetapi sekarang telah bisa menghitung. Tentu saja hal ini berkat kegigihan guru-guru kita dalam mengajar. Oleh karena itu, kita sebagai siswa sudah seharusnya berbakti dan hormat kepada guru.

10. Isi teks pidato di atas adalah ....

A. mengingatkan kenangan masa lalu C. mengingatkan kegigihan guru dalam mengajar

B. imbauan untuk berbakti kepada guru D. imbauan untuk menaati segala perintah guru

11. Perhatikan teks berikut!

Esok paginya, kami berangkat dengan menggunakan sepeda. Setelah perjalanan selama 2 jam, kami sangat senang karena bisa tiba di Pantai Parangtritis dengan selamat. Kami bersenang-senang sambil menikmati indahnya Pantai Parangtritis hingga tak terasa bahwa matahari sudah berwarna jingga. Kami bergegas mengambil sepeda lalu pulang dengan hati gembira.

Paragraf tersebut termasuk jenis ....

A. deskripsi B. narasi C. persuasi D. eksposisi

12. Perhatikan iklan berikut!

Iklan Kipas Angin

Kata yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut adalah ....

A. toko elektronik terdekat C. toko baju terjauh

B. toko buku terdekat D. toko alat listrik terjauh

13. Perhatikan bacaan berikut!

Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini. Antena tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar. Antena terhubung ke mata majemuk. Hal tersebut membuat kumbang ini dapat melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.

Kalimat utama paragraf di atas adalah ....

A. Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini.

B. Antena tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar.

C. Antena terhubung ke mata majemuk.

D. Hal tersebut membuat kumbang ini dapat melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.

14. Perhatikan paragraf berikut!

Hari ini, 22 September adalah hari Badak Sedunia. Peringatan “hari Badak” diadakan untuk melihat hasil dari upaya menyelamatkan hewan langka ini. Dalam rangka hari Badak Sedunia tahun 2016, World Wildlife Fund (WWF) Indonesia menyatakan, bahwa kondisi badak sumatra tak sebaik badak jawa.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....

A. Tanggal 22 September adalah hari Badak Sedunia. C. Peringatan hari Badak Sedunia.

B. WWF menyatakan kondisi badak sumatra buruk. D. hasil penyelamatan badak.

15. Perhatikan pantun berikut!

Buah anggur jangan dilempar

Nanti berubah menjadi mangga

Anak sekolah rajin belajar

Jadi juara orang tua bangga

Pesan pantun di atas adalah ....

A. Anak yang rajin belajar bisa sukses dan membanggakan orang tua.

B. Anak yang rajin belajar bisa menjadi juara dan menjadi orang yang berhasil.

C. Anak yang rajin belajar bisa menjadi juara dan membuat orang tua bangga.

D. Anak yang rajin belajar disayang guru dan membanggakan orang tua.

16. Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab

soal nomor 16−20!

Saat bangun dari rumahnya di lubang kecil di

tepi telaga, Katak Hijau segera menceburkan diri

ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut.

Semut : “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang.

Katak : “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?”

Semut : “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil makanan yang sudah kami kumpulkan.”

Katak : “Baiklah kalau begitu. Naiklah ke punggungku.”

Semut : “Terima kasih, Katak.” Ratusan Semut langsung naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian.

Katak : “Tunggu sebentar, aku kegelian. Tolong turun semua.” (Katak lalu mengambil selembar daun teratai)

Katak : “Nah, sekarang naiklah ke daun ini. Nanti, aku akan mendorong kalian semua sampai ke seberang.”

17. Bagaimana cara Katak mengantarkan Semut ke tanah seberang?

A. Menggunakan punggungnya. C. Menggunakan daun teratai.

B. Menggunakan jembatan. D. Menggendong sampai seberang.

18. Mengapa Semut ingin pindah ke tanah seberang?

A. Semut kesulitan mencari makanan. C. Semut diganggu oleh Rayap dan Belalang.

B. Penduduk Semut terlalu padat. D. Di tanah seberang lebih menjanjikan.

19. Sifat tokoh Katak dalam teks drama tersebut adalah ....

A. cerdik B. licik C. bijaksana D. pemaaf

20. Amanat yang terkandung dalam teks drama tersebut adalah ....

A. membantu orang yang kesusahan C. membantu teman yang meminta pertolongan

B. menghadapi segala cobaan D. pindah ke tempat yang lebih baik

21. Latar tempat pada teks tersebut adalah ....

A. lubang kecil B. tepi telaga C. tanah seberang D. rumah

22. Tokoh utama dalam drama tersebut adalah ....

A. Semut B. Katak C. Rayap D. Belalang

23. Perhatikan cerita berikut!

“Cepat keluar semua dari mobil atau Bapak Tua ini akan celaka!” bentak salah seorang dari mereka seraya menarik baju Pak Tohir.

“Aduh... jantungku sakit!” Pak Tohir tibatiba menjerit sambil menekan dada sebelah kirinya. Kemudian Pak Guru tua itu berjalan sempoyongan keluar dari mobil dan akhirnya jatuh tersungkur di depan mobil kami.

Kejadian itu menarik perhatian beberapa orang yang kebetulan sedang lewat. Melihat orang-orang berdatangan, ketiga penjahat itu panik dan akhirnya melarikan diri. Setelah ketiga penjahat itu pergi, Ayah dibantu beberapa orang berusaha untuk mengangkat Pak Tohir.

Mereka terkejut karena Pak Tohir justru dengan sigap bangun sendiri sambil membersihkan bajunya yang kotor. “Maaf tadi aku hanya berpura-pura,” katanya.

24. Simpulan cerita tersebut adalah ....

A. Pak Tohir hanya berpura-pura terkena serangan jantung supaya penjahat itu pergi.

B. Pak Tohir terkena serangan jantung ketika sedang dirampok.

C. Pak Tohir sembuh dari penyak it jantungnya setelah penjahat pergi.

D. Pak Tohir adalah orang tua yang memiliki riwayat penyakit jantung.

25. Perhatikan syair berikut!

Jadilah orang yang mulia

Dikagumi karena prestasinya

Dibanggakan karena akhlaknya

Dicintai karena kebaikannya

Maksud syair di atas adalah ....

A. Jika menjadi orang mulia, banyak orang yang mengidolakan.

B. Orang yang mulai dikagumi , dibanggakan, dan dicintai oleh semua orang.

C. Menjadi orang yang mulia tidak mudah untuk dilakukan.

D. Orang yang mulia memiliki prestasi, akhlak, dan kebaikan serta disukai banyak orang.

26. Bacalah paragraf berikut!

Kata ayahku, setiap hari Pak Ridwan berperahu menghampiri rumah-rumah penduduk di sepanjang bantaran sungai, termasuk rumah kakekku. Hanya untuk membujuk warga di sana agar mau menyekolahkan anak mereka.

Tema bacaan di atas adalah ....

A. kekeluargaan B. lingkungan C. pendidikan D. pekerjaan

27. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

Cara Mengepel Lantai

(1) Peras kain pel hingga air sudah tidak menetes.

(2) Celupkan kain pel ke dalam cairan pembersih yang sudah tercampur air.

(3) Mulailah mengepel lantai secara merata.

(4) Campurkan cairan pembersih dengan air sesuai petunjuk pemakaian.

(5) Bersihan debu dari lantai dengan sapu atau pembersih debu.

Urutan petunjuk cara mengepel lantai yang

benar adalah ....

A. (1)−(2)−(3)−(4)−(5) C. (4)−(2)−(1)−(3)−(5)

B. (2)−(1)−(4)−(5)−(3) D. (5)−(4)−(2)−(1)−(3)

28. Perhatikan paragraf berikut!

Luka yang tidak segera dibersihkan akan menyebabkan [...]. Apabila hal tersebut tidak segera ditangani, luka tersebut akan semakin sulit disembuhkan.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah .....

A. injeksi B. infeksi C. imunisasi D. inkubasi

29. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker

(1) Masukkan ke dalam rice cooker.

(2) Tekan tombolnya dan tunggu hingga matang.

(3) Cuci beras hingga bersih lalu beri air secukupnya.

(4) Takar beras secukupnya.

(5) Colokkan kabel rice cooker ke sumber listrik.

Urutan petunjuk cara membuat nasi dengan

rice cooker yang benar adalah ....

A. (4)−(3)−(5)−(1)−(2) C. (4)−(1)−(3)−(5)−(2)

B. (4)−(3)−(1)−(5)−(2) D. (4)−(1)−(5)−(3)−(2)

30. Pulang dari Semarang, tante membawakanku [....].

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....

A. buah tangan C. tangan kanan

B. panjang tangan D. tangan dingin

31. Perhatikan pidato berikut!

Seringkali kita melihat murid-murid yang membuang sampah sembarangan. Tentu kita sebagai warga sekolah tidak mau melihat sampah tersebut berserakan di mana-mana. [....]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah ....

A. Sampah tadi juga dapat mencemari lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun di  

     luar kelas.

B. Sampah tersebut dapat menyebabkan wabah penyakit di lingkungan masyarakat.

C. Marilah kita menyuruh murid-murid membuang sampah pada tempatnya.

D. Sampah tersebut harus segera dibersihkan oleh tukang kebun.

32. Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat ....

A. Retno berpikir untuk melanjutkan ke sekolah di luar negeri.

B. Retno berfikir untuk melanjutkan ke sekolah di luar negeri.

C. Retno berpikir untuk melanjutkan ke sekolah di luar negri.

D. Retno berfikir untuk melanjutkan ke sekolah di luar negri.

33. Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten garut Jawa Barat.

Perbaikan ejaan yang tepat pada kalimat di atas adalah ....

A. Pada rabu malam, terjadi Banjir Bandang di kabupaten Garut Jawa Barat.10

B. Pada Rabu malam, terjadi banjir bandang di Kabupaten Garut Jawa Barat.

C. Pada Rabu malam, terjadi Banjir Bandang di Kabupaten Garut Jawa Barat.

D. Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten Garut Jawa Barat.

34. Sherli berbelanja: bayam, sawi, wortel dan kol di pasar.

Perbaikan tanda baca yang tepat pada

kalimat di atas adalah ....

A. Sherli berbelanja: bayam, sawi, wortel, dan kol di pasar.

B. Sherli berbelanja, bayam, sawi, wortel dan kol di pasar.

C. Sherli berbelanja bayam, sawi, wortel dan kol, di pasar.

D. Sherli berbelanja bayam, sawi, wortel, dan kol di pasar.

35. Perhatikan teks berikut!

Tanpa sengaja, Dian memecahkan gelas yang akan digunakan untuk percobaan (1)

pada pelajaran IPA. Akan tetapi, Bu Indah hanya menasehati (2)

dengan bunyi yang lembut. Dian yang awalnya ketakutan kini menjadi sudah tidak takut (3)lagi. Ia berjanji untuk berhati-hati (4).

Penggunaan ejaan yang salah terdapat pada nomor ....

A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)


II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!


Bacalah fabel berikut untuk menjawab soal

nomor 36 dan 37!

Ketika memandangi anak-anaknya yang baru menetas, induk ayam bingung. Salah satu anaknya kecil sekali dibandingkan anak-anak yang lain. Tetapi, ia tetap menyayanginya. Sekelompok anak ayam nakal sering mengejek ayam kecil itu. Namun, anak ayam kecil tetap bahagia bersama keluarganya. Induk dan saudara-saudaranya selalu menjaganya.

46. Jelaskan keteladanan yang dapat diambil dari fabel tersebut!

47. Jelaskan makna kata dari menetas!

48. Perhatikan paragraf berikut!

Kelompok Anggrek Bulan mendapat tugas mengamati pasar ikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah pulang sekolah pada hari Jumat. Pasar yang diamati terletak di pinggir jalan.

Mereka memperhatikan para penjual-penjual meletakkan jualannya di dekat jalan raya. Akibatnya jalan macet, becek, dan bau.

Perbaikilah kalimat yang bercetak miring tersebut!

49. Bacalah fabel berikut!

Binatang-binatang di hutan sedang memilih raja. Tiba-tiba Kera berteriak, “Manusia saja yang menjadi raja, ia kan sangat pandai”. “Tidak mungkin,” jawab Tupai. “Coba kalian semua perhatikan aku, aku mirip dengan manusia bukan? Maka akulah yang cocok menjadi raja,” ujar Kera.

Setelah melalui perundingan, penghuni hutan sepakat Kera menjadi raja yang baru. Setelah diangkat menjadi raja, tingkah laku kera sama sekali tidak seperti raja. Kerjanya hanya bermalas-malasan sambil menyantap makanan yang lezat-lezat.


Jelaskan konflik yang terjadi pada fabel

tersebut!


50. Bacalah paragraf berikut!

Guruku bernama Ibu Mutiara Dewi. Beliau berprofesi sebagai guru sudah 28 tahun. Beliau pun sudah pernah mengajar di berbagai sekolah dari pedalaman sampai sekolah terkenal di kota.


Berbagai kesulitan dan hambatan dalam mengajar pernah dialaminya. Pengalaman itu membuatnya mengajar dengan baik. (....)


Sebutkan peribahasa yang sesuai untuk

menggambarkan teks tersebut!







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jangan Lupa Menjadi Orang Baik